- Siswa lebih mudah memahami, jika belajar dari benda konkret.
Dengan mengajak siswa belajar di alam terbuka mengenai materi pembelajaran bertema alam sekitar, maka mereka mendapatkan kesempatan untuk belajar dari benda yang nyata (konkret). Benda yang nyata ini bisa berwujud bebatuan, aneka tanaman, atau sekedar mengamati fenomena alam, misalnya langit yang mendung. Dengan belajar dari sesuatu yang nyata, mereka akan lebih mudah memahaminya.
- Menanamkan kecintaan pada alam dan Sang Khaliq (Pencipta)
Belajar dengan media alam akan meningkatkan kecintaan siswa pada alam semesta. Kecintaan siswa pada alam semesta, juga bisa diarahkan kepada kecintaan pada Sang Khaliq ( Pencipta). Dengan memberikan pengertian ini, anak-anak akan semakin terdorong untuk bisa menjaga alam ciptaan Allah Swt sebaik-baiknya. Keimanan mereka tentang tauhid akan tumbuh, mereka akan selalu bersyukur pada Allah swt. Potensi ruhiyah yang Allah swt melalui hati dan jiwa siswa harus ditumbuhkan dan terus distimulasi dengan kepenciptaanNYA melalui alam raya. Suatu saat kelak, mereka akan menjadi pemimpin yang menjadikan Allah swt sebagai Dzat yang berkehendak atas segala sesuatu.
- Memberikan pengertian bahwa belajar tidak harus di dalam kelas (situasi formal)
Terkadang, sebagai guru atau orangtua menganggap bahwa mereka baru dikatakan belajar jika berada dalam kelas, ada catatan atau lembar kertas kerja yang harus dikerjakan atau aktifitas sesuai langkah-langkah baku dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang tidak boleh ditinggalkan.
- Memacu keaktifan siswa
Pembelajaran di dalam kelas seakan-akan mempersempit ruang gerak siswa. Mereka terbatas oleh dinding-dinding kelas. Namun bila siswa terbiasa belajar di luar ruangan atau di alam bebas, maka anak-anak akan semakin mendapatkan kesempatan untuk bisa berekplorasi secara aktif dan bebas.
- Memperkuat otot atau motorik anak
- Meningkatkan keakraban antar siswa dan guru
- Mendapatkan kesempatan mengalami sesuatu secara nyata
Mintalah salahsatu siswa mengumpulkan batu kerikil sejumlah yang kita ucapkan, atau mintalah salahsatu dari mereka menyebutkan warna-warna bunga yang ada di taman. Dengan mengajak mereka belajar menggunakan benda-benda di sekitar, hal ini akan memperluas pandangannya, bahwa media pembelajaran tidak harus sesuatu yang diproduksi oleh pabrik atau harus beli. Namun mereka bisa mendapatkan sumber atau media pembelajaran di mana pun, terutama dari lingkungan sekitar.
Banyak sekali bukan manfaat mengajak siswa belajar di alam terbuka. Meraka akan merasa nyaman dan tentu saja akan sangat “me-refresh” kepenatan siswa dalam belajar. (Abdul Hakim) – Sumber : http://jsit-indonesia.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar